Baca

Informasi Penting

Belajar bagaimana menulis artikel/fitur/opini secara menarik adalah hal yang amat penting. Kepiawaian semacam ini akan membuat Anda berbeda dari ratusan penulis lainnya yang kebetulan memiliki ide dan konsep lama yang sejenis. Setelah membaca tulisan ‘3 Tips to Write Articles That People Want to Read’ maka Penulis jadi tersadar sendiri bahwa sebetulnya prinsip yang sama pernah diterapkan.

Ringkasnya ketiga hal tsb adalah:

1) Mulai dengan sesuatu yang ‘heboh’.

Judul dan kalimat pertama artikel yang Anda buat memegang kunci penting untuk menarik perhatian pembaca. Keduanya memberikan gambaran bagi pembaca Anda tentang apa yang diharapkan dari artikel buatan Anda. Jika Anda tidak memulai dengan awal yang kuat atau heboh, resikonya adalah tulisan Anda akan membosankan pembaca dan mereka emoh untuk membaca lebih jauh.

2) Deskriptif/Jelas. Cara lain untuk membuat artikel yang menarik adalah dengan melatih kosakata Anda. Cobalah untuk menulis deskriptif, jelas, dan selengkap mungkin. Terdengar lebih manis jika Anda menggunakan kata-kata ‘enak dipandang’ atau ‘menarik minat’ daripada kata ‘bagus’ atau ‘baik.’ Camkan baik-baik bahwa kata-kata adalah senjata. Jadi, gunakan kata terbaik yang Anda miliki di gudang kosakata Anda. Adakalanya – demi menjaga keluwesan sebuah bahasa – saya tidak melulu menggunakan padanan bahasa Indonesia secara mutlak. Tidak perlu ragu menggunakan kata ‘nggak’ daripada ‘tidak’ jika kita yakin kata itu bisa menghidupkan tulisan Anda.

3) Tampilkan informasi baru.

Orang mau membaca karena berharap ada hal baru di dalamnya. Jadi jika Anda ingin membuat artikel yang menarik, pastikan bahwa artikel Anda mengandung info yang menarik tersebut. Tidak perduli seberapa bagus tulisan Anda, jika butir ke-3 ini diabaikan, pembaca Anda tidak bersedia membuang waktu dengan membaca Artikel Anda.

syukron..


(sumber : artikelmu.com)

0 comments:

Post a Comment

Luangkanlah waktu anda sekiranya untuk komentar..
Setiap komentar sangatlah penting dan berarti ..