Baca

Informasi Penting


Beberapa waktu lalu RIM (Research In Motion) tengah menguasai pasar smartphone di indonesia dengan brand andalanya Blackberry. tidak dipungkiri hampir semua lapisan masyarakat dari yang muda hingga lanjut usia menggunakan smartphone ini sebagai kebutuhan komunikasi sehari-hari. Nah kali ini eriksimple akan membahas singkat tentang BRAND EQUITY BLACKBERRY . cekidot !




Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena persaingan antar merek. Hal ini dapat dilihat dari maraknya BlackBerry di kalangan konsumen telepon selular di Indonesia. Nokia yang selama ini adalah pemimpin pasar telepon selular di Indonesia, tiba-tiba dapat disaingi oleh BlackBerry di kategori smartphonenya. Salah satu langkah yang bisa dilakukan perusahaan agar produknya dibeli oleh konsumen adalah dengan membuat produk tersebut memiliki “kekuatan”. Kekuatan merek ini biasa disebut sebagai ekuitas merek. Ekuitas merek sebuah produk tidak hanya berasal dari bagaimana perusahaan membangunnya namun juga dipengaruhi bagaimana persepsi konsumen akan suatu produk. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dimensi-dimensi ekuitas merek mana yang mempengaruhi ekuitas merek BlackBerry. Dimensidimensi ekuitas merek yang digunakan mengacu pada teori Aaker (1991) yang mana dimensi-dimensi ekuitas merek terdiri dari persepsi kualitas, kesadaran merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner yang indikator-indikatornya diambil dari penelitian Tong dan Hawley (2009). Sampel yang digunakan adalah 100 responden yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu dengan memilih responden yang menggunakan BlackBerry. Hasil analisis didapatkan bahwa dari keempat dimensi-dimensi ekuitas merek yang ada, kesemuanya memiliki pengaruh pada ekuitas merek BlackBerry. Semua dimensi-dimensi tersebut memiliki pengaruh langsung pada ekuitas merek BlackBerry secara positif dan signifikan. Dari keempat dimensi-dimensi ekuitas merek tersebut, kesadaran merek memiliki pengaruh yang paling besar pada ekuitas merek BlackBerry dibanding dimensi-dimensi yang lain. Dari hasil analisis dapat dilihat juga bahwa pengaruh paling kecil pada ekuitas merek BlackBerry ada pada dimensi persepsi kualitas.

ingkat keputusan pembelian telepon selular BlackBerry dan untuk mengetahui pengaruh dari ekuitas merek (brand equity) terhadap keputusan pembelian telepon selular BlackBerry. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel ekuitas merek (brand equity) yang terdiri dari empat komponen yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, kesan kualitas dan loyalitas merek sebagai variabel independen, serta variabel keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna telepon selular bermerek BlackBerry di wilayah Jakarta, sedangkan yang dipilih untuk menjadi sampel adalah sebanyak 270 orang pengguna telepon selular BlackBerry yang berada di pusat perbelanjaan di Jakarta, seperti Plasa Semanggi, Pacific Place, Plasa Senayan, Plasa Indonesia, dan Grand Indonesia. Sampel diambil melalui metode non-probability sampling dengan menggunakan teknik convenience sampling Berdasarkan analisis yang dilakukan diketahui bahwa secara keseluruhan ekuitas merek (brand equity) dari telepon selular Blackberry dipersepsikan sangat baik oleh responden yang diteliti. Tingkat keputusan pembelian dari telepon selular Blackberry secara keseluruhan tergolong sangat tinggi. Dari analisis yang dilakukan juga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari ekuitas merek (brand equity) terhadap keputusan pembelian telepon selular BlackBerry.


Sumber : http://lib.atmajaya.ac.id , http://etd.ugm.ac.id

0 comments:

Post a Comment

Luangkanlah waktu anda sekiranya untuk komentar..
Setiap komentar sangatlah penting dan berarti ..